jump to navigation

Militer Singapura Tercanggih dan Termodern Desember 28, 2005

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Ruang Teater FEIS, UIN Online – Angkatan Perang Singapura menjadi kekuatan militer tercanggih dan termodern di Asia Tenggara dan Pasifik.

 

Demikian penegasan yang disampaikan Rizk Ridyasmara, dalam Seminar dan Bedah Buku  Singapura: Basis Israil Asia Tenggara Tinjauan Ekonomi Politik dan Militer , yang diselenggarakan Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, (BEM FEIS) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Ruang Teater FEIS, lt. 2, Rabu (28/12).

 


Menurut Rizk, Israel lebih hebat dibandingkan Amerika Serikat. Hal ini bisa dilihat ketika Amerika Serikat mengirim 6.000 penasehat militer ke
Vietnam untuk membantu Presiden Ngo Dinh Diem dan gagal. Di Singapura, Israel hanya mengirim 18 perwira untuk membangun angkatan perang negara ini.

 

Rizk juga menambahkan bahwa, yang bisa membantu Singapura hanyalah Israel, sebuah negara kecil yang dikepung negara-negara Muslim tapi mampu memiliki basis militer yang kuat. Hanya Israel yang mampu membangun militer yang dinamis di sana.

 

“Itu yang kemudian membuat saya tertarik untuk menulis buku ini dan mengambil obyek Singapura. Sebab, selain sebagai negara basis Israel, Singapura juga sebagai negara pelindung konglomerat hitam Indonesia yang mempunyai property di Indonesia,” tegas Rizk penulis dari buku ini. 

 

Dalam kesempatan yang sama Riza Sihbudi, pengamat masalah-masalah Timur Tengah, yang juga salah satu pembicara di seminar ini mengatakan bahwa, untuk menjadi negara yang kuat militernya seperti Israel diperlukan intropeksi diri terhadap sistem pemerintah yang harus dirombak dan diperbaiki, selain harus ada tekanan-tekanan dari pemerintah untuk memikirkan bangsa ini agar Indonesia tidak selalu dibodohi negara tetangga.

 

Menurut Riza, kekuatan Singapura di bidang ekonomi dan pertahanan keamanan lebih baik dari Indonesia. “Kenyataan ini bukanlah semata-mata karena mereka kuat, tapi karena kita lemah dan tidak mau intropeksi,” kata pengamat dan peneliti.

 Sementara Zulkiflimansyah, anggota komisi VI DPR-RI,  mengatakan bahwa Singapura harus dilihat dari berbagai aspek, bukan dari persoalan ideologi dan politik saja tapi juga persoalan ekonomi dan hukum.

About these ads

Komentar»

1. meyemeye - Maret 11, 2009

thank u..

2. Nimank buol - Mei 10, 2009

Kita harus memamfaatkan singapura dan bukan menjadikannya lawan terlebih lagi dgn kondisi negara kita yg ter golong rendah dalam aspek militer ya dimana banyak kecelakaan.

3. Gatot kaca - September 2, 2009

Negara kita emang kurang memikirkn akn militerny,terbkti senjata rongsokan mash digunakan,para pmimpin negara lbh disibukan dngan koropsiny?Negara yang payah.!

4. haninda farah moetia - Desember 5, 2009

bagus bgt. tapi kok sebagai anak UIN saya ga tau y ada bedah buku sebagus ini. tolong publikasinya di tingkatkan dong.terutama dikampus 2, ok.

5. Vani - Mei 4, 2010

Singapura ja bisa, knpa qt ngga’. Klo qt brsatu qt pzti bsa, negra qt hruz tgaz. Hkum hruz tgak, tax pndang bulu.

6. anjali najwa - September 4, 2010

Para politikus negara lain memikirkan bagaimana agar negaranya kuat militernya, pilitikus indonesia malah memikirkan bagaimana enaknya rapat di gedung yang besar dan nyaman seharga 1,6 T.

Apakah ada di benak mereka nasib jutaan rakyat yang jauh di bawah garis kemiskinan? sementara mereka mendapatkan segala fasilitas yang serba ada.

7. rusli - Februari 2, 2012

Negara kita sanggup py angkatan perang yg kuat,tergantung pemimpin kita yg dijakarta mau tobat ngak?/tunggu kita diserang lagi n dijajah lagi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: