jump to navigation

Wapres: Terorisme tidak Beradab September 7, 2005

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Hotel Borobudur, UIN  Online – “Terorisme adalah perbuatan yang tidak beradab dan dapat merugikan banyak pihak. Untuk itu telah menjadi tugas kita memberantas para pelakunya”.

Demikian dikatakan Wakil Presiden H.M Jusuf Kalla selaku Keynote Speaker dalam Seminar Internasional “Islamic Radicalism, Security Issues, and Economic Activities in Indonesia“,  yang diselenggarakan Departemen Agama/Program Pascasarjana UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Canadian International Development Agency (CIDA), Canada di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu, (07/12).

Lebih lanjut Kalla menyatakan bahwa, kekuatan mental dan kemampuan intelegensi yang tinggi, adalah modal utama untuk memerangi teroris.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. Azyumardi Azra MA, mengatakan bahwa Islam
Indonesia sesungguhnya secara umum tidak berbeda dari Islam Timur Tengah. Namun sejak Tragedi September 2001 persepsi ini tiba-tiba berubah. “Islam Indonesia kemudian dituding sebagai markas para teroris. Terlalu cepat, kita bisa mebenarkan stament ini namun gerakan radikalisme Islam Indonesia memang sebuah fenomena tak terbantahkan,” jelas Azyumardi.

Menurut Azyumardi, fenomena ini bukanlah hal yang baru, karena jauh sebelum ini, seperti Gerakan Padri, telah muncul gerakan-gerakan serupa. Namun ia berpendapat, dari semua karakter gerakan tersebut, radikalisme
Indonesia lebih bermotifkan politik ketimbang agama. 

Seminar ini dihadiri Menteri Agama RI, H. A. Maftuh Basyuni, Direktur Program Pasca Sarjana Prof. Dr. Komarudin Hidayat, MA., dan Kapolri Jenderal (Pol) Sutanto, dosen UIN Jakarta, Prof. Dr. Bambang Pranowo.

Adapun pembicara dalam seminar ini, antara lain Sidney Jones, Robert W. Hefner,  Dr. Luqyan Tamanni.[]

Sebagai wartawan kampus bisa ngeliput di luar betapa bahagianya hatiku kala itu, pasalnya selain bisa membaur dengan wartawan profesional lainnya. aku dapat kesempatan bertemu langsung dengan Wapres RI. bahkan dalam kesempatan itu ndak di sangka pertanyaanku laku…

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: