jump to navigation

Perlu Peningkatan Profesionalitas Dosen November 24, 2005

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Gedung FDK, UIN Online – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan Canadian International Development Agency (CIDA)/McGill Project selama dua hari,  Rabu-Kamis (23-24/11), menyelenggarakan Workshop “Profesional Development Coordination” di Gedung Teater FDK Lt. 2.

Workshop ini diikuti 30 orang dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan alumni McGill University. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Drs.Daud Efendi, AM, workshop ini untuk meningkatkan profesionalitas dosen dalam proses belajar mengajar. Peserta workshop diutamakan alumni scholarship dari McGill University. Meraka adalah penerima beasiswa McGill University, yang hingga kini berjumlah 13 orang.

Selain dari alumni McGill University, Duad menjelaskan, sebagian dari peserta yang hadir adalah tenaga pengajar FDK. Mereka merupakan dosen baru dan telah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) Golongan III, atau asisten dosen.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Dede Rosyada, MA, yang menjadi narasumber dalam workshop hari kedua, menjelaskan, bahwa, “Belajar masih sering dipahami sebagai sebuah proses perubahan tingkah laku yang merupakan hasil interaksi siswa atau mahasiswa dengan sumber belajar. Cara pandangan tersebut kini sudah mulai dikritik, karena kurang memberi ruang pada siswa untuk melakukan perubahan atas karsanya sendiri.”  

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini menyampaikan bahwa belajar harus diartikan sebagai sebuah proses mengubah perilaku siswa atau mahasiswa oleh dirinya sendiri melalui kontak dengan sumber belajar, baik dosen, buku, paper, tutor sebaya atau sumber-sumber belajar lainnya. Dengan demikian, siswa atau mahasiswa tidak bisa dibatasi pengetahuannya sesuai dengan desain guru atau dosennya. Mereka bisa melakukan eksplorasi dengan dirinya sendiri.

Selain Dede, pembicara lainnya adalah Dra. Fadhilah Suralaga, Dra. Zahrotun Nihayah, M. Psi, dan Drs. Ahmad Sopyan, M.Pd.

Materi-materi yang disampaikan, menurut Daud, dianggap sesuai dengan tujuan diadakannya workshop tersebut. Seperti disampaikan Daud, selain memberikan keterampilan profesionalitas, workshop ini juga untuk menjawab bagaimana mengajar yang baik dengan metode yang tepat. Juga menciptakan SDM dosen untuk dioptimalkan dalam proyek kesejahteraan sosial yang menjadi konsentrasi FDK sekarang ini.

Ini tulisanku pertama kalinya. Tentu saja masih acak adut, karena lagi tahap belajar.

Komentar»

1. Yuli Andriansyah - April 15, 2009

Terima kasih untuk postingnya. Kalau ada makalah yang bisa dishare, tentu lebih membahagiakan lagi.
Salam

2. ay - November 20, 2009

assalamu’alaikum,wr.wb
aku lg nyari temen lm ku,nm nya nurhayati,ass dosen,,,hmmm g tau dosen pd fak ap.bantu q y…trmksh

3. Muhammad Rohim - Desember 5, 2010

namamu siapa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: