jump to navigation

Fakultas Agama UIN Jakarta Tetap Survive Januari 7, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Gedung Rektorat, UINJKT Online Pembantu Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta, Prof Dr Masykuri Abdilla, MA, mengatakan, fakultas-fakultas keagamaan di UIN Syarif Hidayatullah masih survive dan banyak peminatnya. Hal itu diungkapkan Masykuri ketika ditemui UINJKT Online di ruang kerjanya, Jum’at (7/4).  

Lebih jauh Maskuri menjelaskan, hal ini bisa dilihat pada Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), pemilih pertama bisa mencapai 800 calon mahasiswa, sedangkan bagi calon mahasiswa yang memilih lebih dari satu fakultas agama bisa mencapai 1500.

 “Meskipun pilihan mereka terhadap fakultas, terutama jarusan, agama masih ada hubungannya dengan pekerjaan, seperti Perbankan Syariah dan (PAI), tapi bukan berarti fakultas agama diambil sebagai alternatif, karena sudah ada peminatnya masing-masing,” kata Masykuri.  

Menurut Masykuri, statement mahasiswa yang mengatakan bahwa ada kecenderungan UIN, di mana fakultas-fakultas di bidang agama hanyalah menampung mahasiswa-mahasiswa buangan. Namun, itu tidak berlaku di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  

Masykuri juga menbenarkan, pernyataan Menteri Agama RI, Maftuh Basyuni dalam pertemuan dialog dengan masyarakat Indonesia di Kairo beberapa hari yang lalu, yang menyebutkan, bahwa jumlah pendirian UIN harus dibatasi. “Kalau tidak, dibatasi akan timbul masalah, karena hal ini juga terkait dengan masyarakat; dikhawatirkan masyarakat lebih banyak memilih perguruan tinggi umum dibandingkan agama,” tambah Masykuri. *ANI

Komentar»

1. deden muhamad fatih - Februari 12, 2008

uin harus lebih pro aktif dalam mendistriusikan alumni-alumninya pada orientasi yang jelas. terutama dari fakultas agama, semestinya Depag dapat menampung lulusan tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: