jump to navigation

Thuma’ninah Bagian dari Kesempurnaan salat Januari 7, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Studio TPI, UINJKT Online — Dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Faizah Sibro Malisi, MA, mengatakan, thuma’ninah merupakan bagian pencapaian shalat yang sempurna. Hal itu disampaikan dalam Ta’lim; Tanya Jawab Masalah Islam bertema “Thuma’ninah Bagian dari Kesempurnaan Salat”, di Radio Dangdut Televisi Pendidikan Indonesia (RD TPI), Jumaat (7/4).    

“Thuma’ninah yang dimaksud adalah membaca bacaan-bacaan salat dengan penuh penghayatan. Seperti ketika melakukan rukuk tidak hanya dengan tunduk semata tetapi disertai dengan tenang, rileks, tidak tegang, tidak buru-buru dan penuh penghayatan” jelas Faizah.  

 

Adapun, lanjut Faizah menjelaskan, penghayatan tersebut butuh waktu sebelum aba-aba untuk masuk pada gerakan berikutnya. Sedangkan, pada umumnya orang menganggap bahwa bacaan-bacaan salat selama ini standar dari gerakan aba-aba tersebut.

 

“Padahal bukanlah demikian,” tegas Faizah. Yang menjadikan standar aba-aba untuk pindah ke gerakan berikutnya adalah kekhusyukan dan penghayatan terhadap pemaknaan bacaan-bacaan salat dengan penuh penghayataan.

 

Lebih jauh Faizah juga menambahkan, makna substansi yang terkandung di dalam bacaan-bacaan salat tersebut adalah selain dari doa itu sendiri, menjadi sarana untuk mencari inspirasi atau petunjuk dari Allah SWT.

 

Juga bacaan-bacaan yang terpilih untuk menjadi bacaan salat tersebut merupakan aspek terapi mental, sehingga kita tidak hanya mendapatkan buah dari kekhusukan tersebut melainkan terapi kesehatan.

 

“Sebagaimana dalam firman Allah yang menjelaskan; janganlah kamu shalat ketika kamu mabuk atau tidak terkontrol” tambah dosen UIN ini

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: