jump to navigation

Arti Pentingnya Catatan Nikah dan Poligami Februari 24, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Studio RD TPI, UINJKT OnlineUntuk saling melengkapi aurat, Islam telah menjadikan suami/istri dalam sebuah ikatan perkawinan yang suci.

Demikian disampaikan dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Faizah Sibro Malisi, MA, dalam kesempatan Ta’lim; Tanya Jawab Masalah Islam, dengan tema “Risikonya Pernikahan Siri dan Poligami”,  di Radio Dangdut Televisi Pendidikan Indonesia (RD TPI), Jumat (24/2).

Menurut Faizah, untuk menjadikan suami/istri itu sah menjadi pasangan yang saling melengkapi, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kedua mempelai harus mentaati syarat-syarat nikah.

“Sudah barang tentu harus ada calon mempelai putra dan putri, kemudian wali yang seharusnya nanti menikahkan keduanya, serta dua orang saksi yang adil. Nah, dari situlah perkawinan tidak bisa disembunyikan karena adanya saksi yang melihatnya,” paparnya.

Menurut Faizah, beberapa syarat yang dikemukakan di atas, ada yang sama pentingnya menurut agama dan negara yaitu pencatatan nikah di KUA. “Sama halnya juga upaya poligami yang diperbolehkan Islam.”

Akan tetapi, lanjut Faizah, untuk bisa melakukan poligami ketika sang istri tidak bisa menunaikan tugasnya dan tidak bisa memberikan keturunan, serta harus adanya izin dari pengadilan dan istri.

“Karena itu, hubungan suami/istri itu sangat sakral dan tidak bisa dibuat main-main. Terutama dengan gampang meremehkan pernikahan siri yang sebenarnya itu sangat merugikan pihak istri. Saya mengimbau kepada mahasiswa khususnya untuk tidak mudah melakukan pernikahan siri,” tegasnya

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: