jump to navigation

Hiruk Pikuk Perjalanan Bank Muamalat April 4, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Student Center, UINJKT Online — Mantan Direktur Bank Muamalat, Zainulbahar Noor dalam Bedah Buku Bank Muamalat, mengatakan, penerbitan buku Sebuah Mimpi, Harapan, dan Kenyataan Fenomena Kebangkitan Ekonomi Islam merupakan kelanjutan dari buku sejarah Bank Muamalat “Ketika Bagi Hasil Tiba”. Peluncuran dan bedah buku itu diselenggarakan Badan Ekskutif Mahasiswa Jurusan Muamalat (Ekonomi Islam) Perbankan syariah (BEMJM-FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Student Center, Selasa (4/4).

 

Menurut Zainur, kelahiran Bank Muamalat bukanlah sesuatu yang sederhana. Penumbuhkembangan Bank Muamalat merupakan sesuatu yang sangat penting daripada sekedar menjaga kehadirannya.

 

Sebab, lanjut Zainur, apabila bank syariah pertama ini tidak berhasil, bangkrut dan gagal, diperlukan waktu 100 tahun lagi kemungkinan pendiriannya kembali. Dengan mengambil dasar waktu lebih kurang 100 tahun setelah berdirinya lembaga bisnis sejenis, yaitu Syarikat Dagang Islam, baru kemudian lembaga yang serupa, Bank Muamalat baru bisa berdiri.

 

Lebih lanjut Zainur menjelaskan, setelah sepuluh tahun lebih, bank syariah ini beroperasi, kini telah mengalami banyak kemajuan. “Kehadiran buku ini diperlukan untuk memastikan bahwa ‘Proyek Pemerintah’ tersebut tetap dalam perhatian kalangan Pemerintah,” ujarnya.

 

Sementara itu, pakar syariah, Prof Dr M Amin Suma yang sekaligus sebagai pembicara, mengatakan, buku karya Zainulbahar Noor ini menarik dan unik. Selain melukiskan pengalamannya, mulai mengalami hambatan hingga berhasil melampauinya. Selain itu, kata Amin, buku ini juga mengisahkan perihal penekanan peran lembaga syariah yang ada di
Indonesia yang melibatkan lembaga-lembaga Islam di Indonesia. Seperti Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam hal keuangan dan Majlis Ulama Indonesia (MUI) perihal syariah.

 

Hadir pula dalam diskusi dan bedah buku ini Ketua Direktorat Perbankan Syariah BI, Harisman

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: