jump to navigation

Perdebatan Inkar Sunnah dan Ahli Sunnah April 4, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Student Center, UINJKT OnlineLari dari mulut singa, tapi jatuh ke dalam mulut buaya. Seperti itulah mungkin gambaran sederhana tentang Ingkar Sunnah. Perumpaman ini disampaikan Abdul Zulfikar Akaha, LC, dalam Bedah Buku “Debat Terbuka Ahli Sunnah Versus Inkar Sunnah”, pada Book Fair 2006, yang diselenggarakan gabungan dari beberapa Badan Ekskutif Mahasiswa Jurusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Student Center, Jumat (7/4).  

Menurut Zulfikar, meskipun orang-orang Inkar Sunnah selalu mengatakan bahwa mereka hanya mengambil dari al-Quran dan tidak mau mengambil dari selain al-Quran, tetapi ternyata mereka mempunyai garis pemikiran dan pemahaman yang linier dengan sebagian kelompok di luar Ahlu Sunnah yang telah ada (jauh) sebelum kemunculan mereka di bumi India sekitar abad 18 M.  

Lebih jauh Zulfikar menjelaskan, kelompok-kelompok tersebut adalah Khawarij, Syiah, Muktazilah, dan Orentalis. Diakui atau tidak, Inkar Sunnah membangun paradigma pemikirannya dengan mengadopsi dari sebagian sikap dan pemikiran empat kelompok tersebut.  

Zulfikar juga menambahkan, menolak Sunnah berarti meremehkan kredibilitas para sahabat dalam meriwayatkan sesuatu. Karena selain Sunnah, para sahabat juga meriwayatkan al-Quran. “Maka menolak Sunnah juga menolak al-Quran, dan para pengingkar Sunnah tidak lari dari konsekuensi logis” ujar penulis buku ini.  

Sementara itu, Pakar Tafsir UIN Jakarta, Dr Ahmad Lutfi Fathullah, MA, sekaligus pembicara mengatakan, bukan berarti orang yang tidak berjenggot dan tidak bergamis inkar terhadap hadis.  

Menurutnya, yang salah adalah orang yang melihat sesuatu yang kecil tetapi dilebih-lebihkan. Misalnya, hanya karena tidak mau memakai pakaian-pakaian yang menjadi simbol Islam, dikatakan mereka tidak mau mengakui hadis

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: