jump to navigation

Perlunya Hijrah Sistem Ekonomi April 6, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Student Center, UINJKT Online Para cendekiawan Muslim di berbagai negara termasuk di Indonesia sepakat memanfaatkan momentum untuk memunculkan kembali upaya mengembalikan teori dan sistem ekonomi ke khittahnya yang Islami.  

Demikian disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat, Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), Mustafa Edwin Nasution, dalam Seminar Nasional “Quo Vadis Perekonomian Indonesia” yang diselenggarakan Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (BEM-FEIS) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Student Center, Kamis (6/4). 

Menurut Edwin, langkah bertahap untuk menuju sistem ekonomi Islam dengan menerapkan Dual Economic System. Sistem ini mengacu kepada penerapan sebagian nilai dan elemen dari sistem ekonomi Islam dalam perekonomian yang menganut sistem ekonomi konvensional. Seperti yang diterakan di Malaysia dan Indonesia. 

Lebih jauh Edwin menjelaskan, penerapan dual economic system ini umumnya dipicu oleh kemauan politik (political will) yang kuat, dengan tujuan agar menuju sistem ekonomi Islam yang menyeluruh, namun tentang mempertimbangkan ekonomi konvensional yang masih menjadi mainstream dunia.  

Sementara itu anggota komisi VI DPR RI, Dr. Nursanita Nasution yang hadir menjadi pembicara mengatakan, sebagai seorang Muslim dan Muslimah, sudah saatnya segala kehidupan diatur secara Islam, termasuk bidang perekonomian.  

Nursanita menambahkan, tentu semua itu tidak terlepas dengan adanya proses untuk melakukan perubahan-perubahan, meskipun dalam era globalisasi. Karena, lanjut Nursanita, hal itu tergantung bagaimana orang Muslim yang ada di Indonesia ini mampu merealisasikan nilai-nilai Islam di era globalisasi

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: