jump to navigation

Hermeneutik Lebih Reflektif Tafsirkan Teks April 27, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Ruang Teater FUF, UINJKT Online – Awalnya hermeneutika digunakan untuk merujuk kepada studi yang terkait dengan pengembangan aturan-aturan dan metode-metode yang dapat membimbing penafsiran Bible.  

Demikian disampaikan Adnin Armas, MA dalam seminar nasional “Menimbang Hermeneutika sebagai Diskursus Kajian Tafsir” yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Tafsir Hadis (BEMJ-TH) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di ruang teater FUH, Kamis (27/4).  

Menurut Adnin, sekalipun berbagai teknik penafsiran dan tradisi hermeneutika yang canggih telah berkembang sebelum Schleiermacher, namun Dilthey mungkin yang pertama kali menyatakan perkembangan penting dalam sejarah lahirnya ilmu hermeneutika.  

Lebih lanjut Adnin menjelaskan, Schleiermacher memang layak mendapat penghargaan tersebut karena memang ia menjadikan persoalan hermeneutis sebagai persoalan universal dan mengajukan teori pemahaman yang filosofis untuk mengatasinya.  

Sementara itu dosen Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta, Martin Sinaga mengatakan bahwa  hermeneutik dalam dunia tafsir Alkitab Kristen, sebagai langkah kedua setelah eksegese. “Dengan demikian hermeneutik lebih reflektif, filosofis dan kontekstual. Sementara eksegese lebih ketat, semacam disiplin tafsir,” tuturnya.  

Lebih jauh Martin menjelaskan, hermeneutik merupakan usaha untuk beralih dari sesuatu yang relatif gelap ke dalam bentuk ungkapan yang jelas dan terang. “Sejak Schleiermacher, kita diingatkan perlunya suatu prinsip untuk memahami ungkapan-ungkapan bahasa. Ia membayangkan adanya prinsip di balik peristiwa biasa ketika seorang anak menangkap arti suatu kata baru: Dari kata ke kalimat, begitulah bolak-balik,” ujar Martin. *ANI 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: