jump to navigation

Media Massa Mengaburkan Kenyataan April 27, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Ruang Teater FSH, UINJKT Online – Teks yang ditulis maupun dibacakan di media cetak maupun elektronik bukan hanya mencatat dan melaporkan kenyataan, melainkan benar-benar menciptakan kenyataan.

Demikian disampaikan Redaktur majalah Fountain Indonesia, Achmad Rifki dalam pelatihan jurnalistik “Pers Sebagai Bahasa Universal Menuju Masyarakat Komunikatif” yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum (BEMJ-PMH) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di ruang teater FSH, Kamis (27/4).

Menurut Rifki, interpretasi sangat bergantung pada siapa yang menjadi interpreter (penafsir), siapa yang dibicarakan, apa tujuannya, serta dalam peristiwa historis apa interpretasi itu dibuat. Segala interpretasi merupakan apa yang mungkin bisa disebut situasional. Mereka selalu muncul dalam situasi yang berhubungan dengan interpretasi afiliatif.

“Dengan demikian, kita sedang berada dalam lingkaran komunitas interpretasi dalam pengertian yang luas. Masing-masing diri kita hidup dalam sebuah dunia yang sebenarnya diciptakan manusia itu sendiri. Karena interpretasi adalah hasil konvensi, kesepakatan, hasil dari proses sejarah, dan di atas semuanya adalah hasil dari upaya umat manusia untuk memberikan sebuah identitas tertentu pada segala hal,” tutur alumnus Universitas Paramadina ini.
Rifki yang juga penyunting dan editor Penerbit Paramadina menambahkan, media massa memiliki peran yang signifikan. Karena, media massa dapat melakukan segalanya, menampilkan segala bentuk sudut pandang, bahkan terkadang menyimpang dari kebiasaan.

Tetapi pada akhirnya, lanjut Rifki, karena mayoritas media massa masih menjadi kepanjangan tangan dari lembaga yang melayani dan mempromosikan identitas perusahaan “Amerika” bahkan “Barat”. *ANI

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: