jump to navigation

Peradaban Hiasi Perubahan Islam Indonesia April 28, 2006

Posted by aniq in UIN Online.
trackback

Aula SC, UINJKT Online  Islam Indonesia sudah jelas identitasnya dan jenis kelaminnya. Sehingga yang diperlukan sekarang adalah bagaimana mengaplikasikan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Demikian disampaikan dosen Universitas Paramadina, Abd. Moqsith Ghazali dalam Peringatan Maulid Nabi saw, “Membumikan Islam Indonesia: Sebuah Oase dari Republik Cinta”, yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Pemikiran Politik Islam (BEMJ-PPI) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat, (28/4).

 

Menurut Moqsith, Islam di Indonesia sampai sekarang masih dalam proses dan belum jelas maksudnya. Pasalnya, Islam sering kali bercampur dengan model keislaman Timur Tengah dan Arab dengan tradisi-tradisi lokal di masyarakat lokal Indonesia.

 

Lebih jauh Moqsith juga menjelaskan, model-model keislaman yang masuk ke
Indonesia sangat beragam. Misalnya model keislaman yang sufistik yang kira-kira diawali dari abad ke-13 sampai 15, yang puncaknya dinahkodai oleh para walisongo.

 

Semetara itu, Jalaluddin Rakhmat yang juga hadir sebagai pembicara mengatakan, ketika wahyu disampaikan Allah kepada Nabi Muhammad Saw berlangsung secara periodik, yaitu periode Makkah dan Madinah. “Nah, hal ini menunjukkan Tuhan sendiri memberikan contoh tentang “perubahan ajaran Islam” yang lahir berdasarkan perubahan budaya,” ujar Kang Jalal, panggilan akrabnya.

 

Karena itu, tambah pemilik SMU Plus Muthahhari ini, umat Islam harus mengembangkan pemahaman Islam di Indonesia dengan mengikuti manhaj qurani untuk menyesuaikan diri dengan situasi ketika al-Qur’an itu datang. * ANI

Komentar»

1. yaser - Oktober 2, 2006

Blognya cakep kayak yang nulisnya🙂

2. Laskar 607 - Juni 11, 2009

Lumayan tp syg yg diundang jg aliranya gak jauh beda gak seru diskusinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: