jump to navigation

Misteri Cinta September 1, 2006

Posted by aniq in Cinta.
trackback

ingin kusucikan bibirku dengan air zam-zam yang,  memungkinkanku untuk tak bicara soal cinta. namun tatkala mulutku diam, kudapati diriku bisu.

telah kunyanyikan melodi cinta yang tak ku tahu sebelumnya. namun begitu kuketahui, syair-syairnya menjadikan bisikan yang sia-sia dalam mulutku, dan nada-nada dalam dadaku menjadi senyap.

kemarin, dia bertanya padaku tentang keajaiban dan kebahagiaan cinta, dan dia puas dengan apa yang aku katakan. namun sekarang ketika cinta telah menghiasiku dengan jubah-jubahnya tibalah giliranku untuk bertanya mengenai cara dan nilai-nilainya.

adakah diantara kalian wahai para pembaca, bisa menjawab mengenai apa yang terjadi padaku. adakah diantara kalian yang dapat menjelaskan hatiku pada hatiku sendiri, dan kedirianku pada kedirian itu sendiri?

apakah tak ingin kau ceritakan, api apakah ini yang menyala di dadaku? sungguh pertanyaan itu melelahkan pancainderaku dan melarutkan emosi serta gairahku.

apakah sebenarnya tangan-tangan gaib ini, halus ataupun kasar, yang menggenggam jiwaku di saat-saat kesepian dan kesendirian? ke dalam hatiku, mereka tuang anggur yang dicampur dengan pahitnya kesenangan dan manisnya rasa sakit.

apakah kibasan sayap-sayap dalam dudukku dikesepian malam seperti ini, aku melihat diriku terbangun dalam ketaksadaran, melihat apa yang tak kulihat, merenungi apa yang tak kupahami, tersadar untuk apa yang tak kuketahui, menghela nafas karena dalam helaan terdapat raungan yang lebih kucintai dari pada mengikuti tawa dan kesenian, menyerah pada kekuatan yang tak terlihat, yang membunuhku lalu memberikan kehidupan, membunuhku lagi, dan lagi. sampai fajar menjelang dan cahaya mengisi sudut kamarku. kemudian aku tertidur sebelum bulu-bulu mataku tanggal dari tarian kesadaran, dalam selimutku yang membantu mengoncang mimpi-mimpi buruk.

apakah ini yang dinamakan cinta? beritahu aku apa ini misteri yang tersembunyi di balik umur dan dibalik yang nampak?

apakah ini kesadaran penuh yang mengantarkan kematian atau pun kehidupan yang membentuk mimpi-mimpi yang lebih aneh dari kematian.

beritahu aku wahai kawan, beri tahu aku! siapa diantara kalian yang tidak akan bangun dari tidur kehidupan jika cinta telah membasuh jiwamu dengan jari-jarinya.

siapa diantara kalian yang tidak akan mengabaikan ayah, ibu dan rumah jika gadis yang kalian cintai telah memanggilmu?

siapa diantara kalian yang tak akan mengarungi lautan, melintasi gurun-gurun, mendaki gunung-gunung dan lembah-lembah untuk menggapai gadis yang jiwanya telah kau pilih?

apakah remaja tidak akan mengikuti hatinya sampai akhir dunia untuk menghirup manis nafas kekasihnya, menikmati melodi suaranya?

apakah laki-laki tidak akan mengorbankan jiwanya dengan asap membumbung menuju Tuhan yang akan mendengar permohonan dan doanya?

kemarin aku berdiri dan melamun, bertanya tentang misteri dan nilai cinta pada orang yang lewat, seorang lelaki setengah baya lewat, dengan badan rapuh dan muka yang gelap. sambil menghela napas dia berkata, “Cinta telah diciptakan untuk melemahkan kekuatan yang aku warisi dari Adam”.

seorang pemuda, tubuhnya kokoh dan kuat lewat. dalam suara nyanyian dia berkata, “Cinta adalah keteguhan hati yang ditambatkan pada kemanusiaanku, yang menghubungkan masa kini dengan masa lalu, dan masa depan”.

seorang ibu, matanya sayu, lewat, menghela nafas lalu berkata, “cinta adalah racun yang mematikan, nafas ular hitam berbisa yang menggeliat di neraka, terbang dan berputar di anggasa sampai ia jatuh menutupi embun, hanya untuk dihisap oleh hausnya jiwa. kemudian mereka mabuk untuk sesaat, diam selama setahun, dan mati untuk keabadian”.

seorang gadis teman kuliahku, sambil tersenyum ia berkata, “Cinta adalah air mancur yang mengiringi jiwa sang pengantin perempuan dan menuangi jiwa-jiwa kekuatan, membuat mereka mendaki dalam doa diantara bintang-bintang malam, dan menyanyikan lagu suka cita di hadapan matahari saat ini.

seorang satpam dengan baju dinasnya dan berjenggot panjang, dengan bermuka masam dia berkata, “Cinta adalah ketakpedulian kita yang berawal pada masa muda dan berakhir bersama penghabisannya.”

kemudian, seorang lelaki buta lewat, mengetuk tanah dengan tongkatnya, menangis dan berkata, “Cinta adalah halimun tipis yang melingkupi jiwa dalam setiap sisinya, dan menyelubungi kerangka keberadaannya atau membiarkan jiwa hanya melihat hantu dalam gairahnya, tak mendengar suara tangisnya sendiri yang menggema dalam lembah.”

seorang anak kecil berumur lima tahun lewat dan tertawa kepadaku, “cinta adalah ayahku, Cinta adalah ibuku. hanya ayah dan ibuku yang tahu tentang Cinta. lantas apa menurut Anda Cinta itu?

hari berganti. orang-orang melewatiku, setiap orang menggambarkan dirinya pada saat berbicara cinta, membuka harapannya, dan menceritakan misteri kehidupan.

ketika malam tiba dan orang-orang tetap berjalan, aku mendengar suara dari dalam kamarku. “Cinta mempunyai dua sisi; satu kesabaran dan yang lainnya nafsu. cinta adalah sesuatu yang menyala bagiku..

Komentar»

1. ade.santoso - Oktober 1, 2006

apa sih arti cinta yang sebenarnya?? aku sampai saat ini trak thu apa arti cinta yang sebenarnya. aku butuh jawaban yang sangat seder hana dan pasti????????????????????????????/

2. ade.santoso - Oktober 1, 2006

aku pernh mengalami apa arti cinta aku ber fikir apakah itu cinta atau nafsu??mingkin aku masih dibilang afsu tapi apa yang kurasakan itu semuanya tak ada rasa nafsu aku trak ada rasa untuk mengecup bibirnya atu.untuk memeluk nya sebelum diya meminta pada ku.karena aku ber fikir bila seorang wanita meminta sesuatu atau diya inginkan ciuman dariku aku pikikr diya sudah percaya pada ku akan keaibadian ku aku cinta dia

3. nirwana - Desember 6, 2006

wuih..seru abis! emang tuh cinta..universal banget. Salut deh buat Misteri Cinta nya.

4. anick - Desember 11, 2006

Cinta adalah harmoni, yazid wa-yanqus….

5. dito - Januari 5, 2007

cinta adalah anggur yang menyegarkan
cinta adalah air kelapa yang menawarkan..
cinta adalah duri yang menyakiti…
dan cinta tak ada artinya kalau kita hanya merenung dan mencari makna sejati. cinta adalah gerakan dan perubahan…( kaya masih mahasisiwa aja )

6. wieta - Januari 24, 2007

Ngomong soal CINTA emang ngga bakal da habisnya,, Salut dech wat kamu-kamu yang dah engrti pa sey arti CINTA tu? Wat aku Cinta adalah ikatan dua hati yang berbeda dan berada dalam hausnya jiwa, yang saling menerima dan memberi apa yang diberikan oleh makna CINTA tu sendiri,,

7. nuryadi asgor - Maret 9, 2007

apa bedanya cinta pada Allah,cinta pada orang tua,pada kekasih,pada harta dan cinta2 lainnya? apakah perbedaannya pada porsi? jenis cintanya,atau apanya?
jika kita mencintai seseorang apa yang kita harapkan?berharap bersamanya,atau melihatnya bahagia?walaupun kita tidak memilikinya?
trus ,jika kita mencintai Allah apa yang kita harapkan?surgaNya? atau apaNya??tanyakan juga apa yang kita harapkan jika mencintai Orang tua,harta dll….setelah itu cobalah artikan cinta.
apakah cinta itu sekedar memberi…..seperti ungkapan cinta tak mesti memiliki.

8. Darmagunawan - Juni 18, 2007

Cinta itu adalah kala dia datang dan berada di samping mu, kamu merasa tenang, tentran, aman dan nyaman seakan hidup ini tiada masalah. kala dia pergi danmenjauh dari mu, kamu akan merasakan kesepian dan kerinduan, kehampaan, kekecewaan dan luka yang mendalam. batin mu akan selalu memenggil dan menjerit namanya, anehnya cinta tebarkan pesona. sayangilah dan cintailah orang yang mencintai mu seadanya kamu karena orang tersebut adalah orang yang benar2 mencintai dan menyayangmu setulus hatinya.

9. ery eryansyah - Maret 20, 2009

cinta…
cinta…
betapa indahnya cinta.., aku ingin trbang bersamanya, dlm suka dan duka.
kedamaian, kebahagiaan dan kasih sayang trlahir dari cinta. tdkkah kt lupa, bahwa
ADAM dan HAWA turun k bumi hanya mmbawa cinta.., yg d berikan oleh Allah utk hambaNya.
cinta sejati…
di mana cinta sejatiku..?
aku menunggumu di spy_love04@yahoo.co.id.

10. nurrahman muhamad - Mei 6, 2009

Sesungguhnya hakikat alam semesta dan keberadaan ini adalah Cinta..Dan tidak akan dapat mendekat kepada sang Khalik Allah swt tanpa cinta dan kasih dalam hatinya. Kasih dan cinta Allah kepada seluruh makhluk tak terbatas dan berkelimpahan setiap saat..Oleh karena itu tak ada yang dapat dikatakan dalam doa selain “Alhamdulillah Ya Rahman Ya Rahim, Segala Puji dan Syukur kepada-Mu Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, atas berkat dan Kasih-Mu yang berkelimpahan ini, dan segala sesuatu yang telah sempurna ini dan sesuai kehendak-Mu” Amien.

11. WANDI thok - Juni 7, 2009

Haiyo mbak Anik, hapdet dunk blogya.😀

12. muh Izzat - Juni 9, 2009

adikku.. cinta sejati lebih dalam hakikatx daripada apapun yg bs dipikirkan oleh manusia, karena itu, jgn paksa tuk pikirkan..
adikku.. cinta sejati kan senantiasa ada di dekatmu, terimalah ia sbg tamu mulia, bukakan pintu hatimu yg lembut untukx..
adikku.. cinta sejati kan bersemayam selama yg adik inginkan, karena itu, peliharalah, hiduplah abadi bersamax di manapun..
adikku.. cinta sejati kan menuntunmu menemukan pemilikx, ikutilah..
adikku.. cinta sejati kan meminta pengorbananmu, hartamu, badanmu, pikiranmu, sukamu, dukamu, keluargamu, teman baikmu, harga dirimu, kesadaranmu dan cintamu selainnya karena cinta sejati tak membutuhkanx lagi kelak..
adikku.. cinta sejati kan menyatukanmu dengan pemilikx, rayakanlah.
adikku.. pemilik cinta sejati kan mencukupkan dahaga kekalmu..
adikku.. pemilik cinta sejati kan membawamu menyatu bersamax..
Akhirnya tersisa..
hanya Dia.. Dia saja.. Dia.

13. erminda katon elyta - Oktober 3, 2009

betul apa yang dikatakan “cinta adalah misteri”……..
Tapi jika cinta itu sulit untuk di artikan dan sulit di pahami, mungkin sebelum melangkah dalam hunian cinta kita harus tahu dulu ap itu sayang karena sayang lebih bisa di hayati dan dirasakan …….serta membuat kita merasa kehilangan karna kita pernah menyayanginya…..setelah itu sayang akan mengantar kita untuk menemukan makna cinta dan misteri cinta……….

14. A & Y - Januari 13, 2010

Hey, sobat cinta akan tetap menjadi misteri sampai akhir dunia………
cinta adalah awal kehidupan dan misteri cinta akan berakhir sampai akhir kehidupan,……. Cinta itu buta, ketika cinta datang semua berubah jadi sempurna,…….. cinta adalah pejaman mata yang sangat dalam, yang tak berujung arti dan maknanya,…………….
Cobalah anda pejamkan mata dan artikan dalam diri anda tentang arti cinta sesungguhnya, …………….

15. misteri cinta | Kopetmyluph's Blog - Mei 24, 2010

[…] misteri cinta Posted on May 24, 2010 by kopetmyluph Misteri Cinta […]

16. guns - September 6, 2010

Benarkah orang yg sedang jatuh cinta akan selalu gelisah dan memikirkannya.

17. Andani - Januari 5, 2011

Cinta ga bsa diungkapkan dg kata2…
Cinta cukup dirasain aja..

18. fandi tan - Maret 9, 2011

i like 12

19. bino - Maret 13, 2011

Cinta…

Kata yang memang sulit untuk diartikan karena memang ga pernah kata yang benar – benar tepat untuk mengartikan kata ‘CINTA’ … Benar kata orang bahwa CINTA itu Buta … Karena Cinta dapat membuat seseorang yang kuat menjadi sangat lemah dan orang yang sangat lemah menjadi kuat … Cinta ga pernah kenal yang namanya waktu, Cinta juga ga pernah tau apa itu Umur, Cinta juga ga pernah perduli dengan yang namanya status dan derajat seseorang …

Cinta cuma bisa kita rasakan keindahannya tanpa bisa kita lihat keindahannya itu …
Terkadang Cinta itu menyakitkan, saking Indahnya Cinta terkadang membuat Manusia
sampai mampu untuk menyakiti dirinya sendiri …

Cinta itu misterius bahkan lebih misterius dari mahkluk yang kita sebut HANTU … dia datang dengan tiba – tiba tanpa kita tahu dan dia juga pergi dengan tiba – tiba tanpa kita ingini kepergiannya …

Cinta itu lembut tapi terkadang kelembutannya itu lebih tajam dari sebilah samurai …

Memang Misterius kalo kita membicarakan tentang Cinta, satu kata yang memang memiliki 1000 arti dan sejuta makna …
Sulit mengartikan Cinta bila kita tidak merasakannya karena Cinta hanyalah Semu bila kita lihat dan sangat Indah bila kita merasakannya …

20. CHA-CHA - Maret 13, 2011

SYAUQI NABILA.M

WIBBYANO CAKRA.A

21. bino - Maret 13, 2011

haadoooh tttuuut hare gini mellow2…yah tapi mayan bener lah..mulai lah gue pelacur(pelan-pelan curhat) seperti yang kualami sama sodara lo tuh..tak kenal waktu..abeeeesssnyaaahhh!!!hahahha booo ga mau tu sodara lo disuruh pulang ajaaah?? mengangas ini gueee…hahhaha loh kok jadi curhat??

22. bino - Maret 13, 2011

Anonymous said…

Bwkwkwkwk Bukannya mellow tuh….
Cuma yah emang lagi kepikiran kaya gt aja kali yah….

23. bino - Maret 13, 2011

ternyata pria ini mellow sangat yah,,hehe,,
emg cinta bener2 buta, smp ga bisa liat yg laen2,,beneran ‘buta’ deh pokokx!!
so,,JGN CPT PERCAYA SM OMONGAN MANIS LAKI2!!
maap klo ada yang kesinggung yah,,😉 pis ah,,

24. bino - Maret 13, 2011

inta itu ga buta..tapi memahami

25. guns - April 2, 2011

Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping.
Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.

26. aq cayang dia - Juli 16, 2011

mank y cinta tu misteri ….

27. computer zone - September 1, 2011

ya ya sangat misteri gimana nggak tante tante dapat yang umur 19 tahun

28. denmas_wied - Januari 25, 2012

mencintai ” apapun” siapapun” karena Allah. . .adakah yg lbh berharga dr pd hal itu?

29. ayus yudha - Juni 20, 2012

cinta adalah perasaan manusiawi…
alasan itulah kenapa au benci dengan cinta.
manusia jadi lemah karna cinta.
shit..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: